Sabtu, 11 Agustus 2012

Bakso Omelet Qu



Entah mengapa tiba-tiba saya kepingin sekali menyantap menu berbau telur untuk bukaan hari ini. Mungkin efek tadi pagi melihat Ayah melahap 1 porsi telur mata sapi ketika sahur. Jadinya bayangan telur menari-nari terus di pelupuk mata saya.

Akhirnya jadilah 30 menit sebelum sirene berbuka saya beraksi di dapur menyiapkan menu bukaan ala chef Karzel. Hehe.. padahal nyiapin omelet ini simple banget, ngga pakai ribet. Hanya berbekal bakso, bawang merah, bawang putih, cabe merah, kol, daun sop + tepung terigu. Semua bahan tadi dicampur dan diaduk jadi satu. (Note: untuk baksonya saya rebus dulu di air mendidih sampai 2 x ganti air. Agar baksonya lebih matang dan supaya lemak dan bahan-bahan penyedapnya melebur di air rebusan. Maklum baksonya bukan homemade, saya jd kurang yakin akan kehigienisannya ^^)

Setelah baksonya saya rasa sudah cukup steril, bakso tersebeut saya tiriskan dan dicampur dengan adonan di atas yg udah diubek-ubek jadi satu. Usahakan adonannya padat, tidak terlalu cair. Saya memperbanyak kol dan bawang merah agar telurnya berisi (isi bisa disesuaikan dengan selera).

Setelah itu tinggal nambahin garam supaya ngga hambar. Selanjutnya panasin minyak and tuangin deh adonannya ke teflon. Apinya dikecilkan agar isi telur masak dengan merata dan usahakan teflonnya ditutup supaya lebih cepat matang.

Yang sedikit menegangkan adalah ketika saya harus membalikkan telurnya. Kudu ekstra hati-hati jika tidak mau telur pecah terbelah dan terburai kemana-mana isinya. (hehe.. maklum, msh amatir). And finally, 10 menit sebelum sirene, omeletnya udah matang, tinggal dioleskan saus dan siapterhidang dengan cantik di meja makan :D

*Untuk saos saya pakai saos pedas manis cap Indofood. Rasanya beda dari yang lain. Recommended deh !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar